Minggu, 06 Februari 2011

Cantik, Liar, Dan Langka

Percaya tidak, kalau saya bilang gadis cantik ini... Eh! Salah. Maksudnya pohon cantik ini adalah gadis liar... Aduh, salah lagi. Maksud saya pohon liar. Ah, kalau mengetik kata cantik, pikiran saya jadi salah melulu. Oke, saya ulang: percaya tidak kalau pohon ini adalah pohon liar?
Si Cantik Liar Darah Naga

Percaya saja. Ini asli bukan rekayasa. Tanpa ada yang menata dan merawatnya bentuknya memang sudah seperti ini.


Pohon Darah Naga

Pohon Darah Naga, nama latin untuk pohon Darah Naga ini adalah Dracena cinnibaris. Pohon Darah Naga, seperti yang bisa dilihat di dalam gambar, tampilannya memang luar biasa uniknya. Tanpa ada yang memelihara, bentuknya sudah tertata seperti itu: dahan-dahan dan daunnya seolah tertata membentuk kubah.
Sumber
Darah Naga Yang Cantik Tumbuh Di Tanah Gersang

Jangan bermimpi untuk memiliki pohon ini di halaman rumah. Karena yang cantik dan liar satu ini adalah tanaman langka, yang hanya tumbuh di kepulauan Suqutra, kepulauan yang berada di Samudera Hindia, dan masuk dalam wilayah kekuasaan Yaman. Walaupun Anda punya banyak uang, dan mampu menyelundupkannya, Anda pasti jadi buronan internasional, karena isi kepulauan tersebut dilindungi oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Sumber

Pohon ini biasa digunakan sejak jaman dulu sebagai bahan obat dan pewarna alami. Ada juga penggunaan yang bersifat mistis yaitu untuk jimat voodoo Afrika, karena tinta yang digunakan jimat tersebut adalah tinta "darah naga" yang dihasilkan dari pohon ini. Maka itulah namanya jadi pohon Darah Naga. Tidak-main-main, ternyata jimat tersebut digunakan untuk menarik uang dan cinta. Wah, cinta dan uang... Rupanya sejak jaman dulu cinta dan uang jadi permasalahan. Love needs money, kata lagunya Cinta Laura. Sumber

Cantik Penampakan Pohon Darah Naga Liar

Si Cantik Liar Agak Miring


Silahkan dinikmati foto-foto si cantik, liar, dan langka ini.

Si Cantik Liar Dan Langka Kedua: Mawar Gurun

Tak hanya Darah Naga saja yang cantik, liar, dan langka. Tetapi juga Mawar Gurun, dengan nama latin Adenium obesum. Adenium sih banyak terdapat di sini, dan bisa diperoleh di penjual tanaman hias. Tapi yang satu ini hanya ada di kepulauan Suqutra, dan sekitarnya. Jadi, masih ada hubungannya dengan Darah Naga, karena sama-sama tumbuh subur di Suqutra.
Si Cantik Liar Mawar Gurun


Yang ini memang cantik, tapi beracun. Ah, cantik dan beracun... Kedengarannya luar biasa, bisa dijadikan salah satu karakter drama untuk sinetron. Serius, nih, pohon ini memang ada racunnya di dalam getah kulit batang dan akar, dan biasanya digunakan untuk racun panah oleh orang Afrika.

Si Cantik Mawar Gurun Di Tepi Tebing Sungai


Bentuk batagnya seperti kaki gajah, namun diujungnya muncul cabang-cabang yang indah dan berbunga merah pada musim berbunga. Ah, cantiknya. Si Mawar Gurun ini tidak butuh disirami. Ia mampu hidup di tengah gurun berbatuan yang gersang jarang hujan. Luar biasa, sudah cantik, tahan banting pula. 

Si Cantik Mawar Gurun Di Tepi Tebing Sungai


Adenium Obesum alias Pohon Botol


Silahkan dinikmati foto-foto si cantik liar yang satu ini.

Suqutra, Gudangnya Yang Cantik Dan Liar

Karena Darah Naga dan Mawar Gurun tumbuh di Suqutra, ada baiknya saya mengetik sedikit tentang Suqutra. Pulau yang bernama Suqutra ini memang bukan cuma cantik tapi juga unik. Karena letaknya yang terisolasi serta melalui proses spesiasi, ada 700 spesies flora dan fauna langka. 37% spesies tananaman dan 90% spesies reptil yang ada di pulau ini tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Kepulauan Suqutra


Tak salah bukan jika saya masukkan di FotoUnikAneh.blogspot.com? Pulau ini masih termasuk wilayah Yaman, di dalam Kegubernuran Hadramwt. Di sana memang tidak pakai istilah provinsi, walaupun tiap kegubernuran memang sama-sama dipimpin oleh seorang gubernur. Mau jalan-jalan ke pulau ini? Maaf, Bung! Pulau Suqutra tidak bisa sembarangan dikunjungi, karena bukan objek wisata dan dilindungi UNESCO sebagai salah satu warisan dunia.Sumber

Pemandangan Kepulauan Suqutra yang Indah


Cantiknya Kepulauan Suqutra Dengan Tanaman Langkanya


Flora Dan Fauna Langka Kepulauan Suqutra


Silahkan dinikmati videonya...

4 komentar:

Poskan Komentar