Jumat, 27 November 2009

Berlomba Membuat Mobil Terbang

Mobil Terbang Tahun 1970-an
Upaya membuat mobil terbang sudah sejak lama dilakukan sejak Wright bersaudara pertama kali membuat pesawat terbang. Tapi, sampai hari ini, belum pernah ada mobil terbang yang memang layak untuk digunakan masyarakat. Kendalanya bukan bisa terbang atau tidak, tapi lebih ke performa dan efisiensi penggunaan bahan bakar.



Badan Administrasi Angkasa Luar Nasional AS bebekapa kali menyelenggarakan kompetisi mobil terbang dengan hadiah 250 ribu dolar AS bagi siapa saja yang dapat menciptakan mobil terbang yang paling handal. Hadiah lainnya yang akan diberikan sebesar 25 ribu dolar AS bagi yang menciptakan mobil terbang yang tidak terlalu bising, dan 150 ribu dolar AS untuk mobil terbang untuk 1 sampai 6 orang penumpang dan bisa terbang 210 km/jam dengan jangkauan 482 kilometer.

Pemenangnya? Sejauh yang saya tahu, jauh dari bayangan mobil terbang. Lihat saja foto ini. Lebih mirip pesawat terbang ringan, 'mobil terbang' seharga 70 ribu dolar AS dengan kecepatan pol 273 km/jam, penggunaan bahan bakarnya 50 mil/galon, dan bisa lepas landas di landasan pendek.
Mobil Terbang Pemenang Kompetisi Mobil Terbang 2007

Kesimpulannya: mobil terbang masih jauh dari harapan.

0 komentar:

Posting Komentar