Kamis, 26 November 2009

Gedung Unik Yang Dapat Berputar Dinamis

Ini adalah gedung pertama di dunia yang dapat berputar secara dinamis, dari bawah hingga atas pada masing-masing lantai, dan akan menjadi lambang selamat datang di kota Dubai.
Gedung Unik Pertama Yang Dapat Berputar Dinamis




Gedung yang akan menjadi proyek di tahun 2010 ini berlantai 80, dengan tinggi 420 meter, dikhususkan untuk ruang kantor (lantai 1-20), hotel (lantai 21-35), apartemen (lantai 36-70), dan vila (lantai 71-80). Ruang hunian yang tesedia di gedung ini mulai dari apartemen  seluas 124 meter persegi, hingga ke vila yang mewah seluas 1200 meter persegi.

Gerakan berputar dari tiap lantai ini bisa kita lihat dari ilustrasi berikut:
Ilustrasi Berputarnya Tiap Lantai

Dengan putaran di tiap lantai yang berbeda-beda, maka bentuk bangunan pun akan turut berubah. Betapa dinamisnya gedung ini.

Kecepatan berputar pun bisa diatur, antara 60 menit hingga 24 jam tiap revolusi. Jika Anda memiliki satu lantai di gedung ini, Anda bisa mengatur kecepatan berputar lantai Anda dengan perintah suara!

Yang jadi pertanyaan saya: dari mana energi yang digunakan untuk gedung ini?

Saya sih hanya berharap, gedung ini tidak menghamburkan sumber-sumber energi tidak terbarukan, hanya untuk memuaskan keinginan yang berlebihan. Kalau pengelola menggunakan energi terbarukan, yah.. Itu sih terserah pengelola jika mau menghamburkannya.

0 komentar:

Posting Komentar