Minggu, 10 Januari 2010

Penyimpanan Benih Bawah Tanah Untuk Menghadapi Bencana Besar

Sebuah tempat penyimpanan benih bawah tanah telah dibangun di sebuah daerah terpencil di delat Arktika, 1.300 kilometer dari Kutub Utara. Letaknya 122 meter di bawah gunung. Tempat ini dibangun oleh pemerintah Norwegia.
Pintu Masuk Tempat Penyimpanan Rahasia Bawah Tanah Di Dekat Kutub Utara



Mengapa tempat ini di bangun? Benih ternyata penting sekali untuk menjaga persediaan pangan dunia. Jika tanaman dan seluruh benih musnah oleh perang nuklir, atau bencana luar biasa besar yang melanda bumi, maka manusia bisa menderita kekurangan pangan secara global.
Terowongan Sejauh 98 meter Menembus Gunung Menuju Tempat Penyimpanan Bibit

Meskipun media menjulukinya sebagai "kubah kiamat", namun istilah ini tidak sepenuhnya benar. Tempat ini hanya dibuat untuk menanggulangi masalah pangan jika suatu bencana besar dan mendunia terjadi, dan bukan untuk menghadapi hari kiamat. Istilah ini bisa memicu salah pengertian pada sebagian orang.

Ruang penyimpanan benih ini dapat menyimpan 4,5 juta sampel benih. Tiap sampelnya berisi 500 benih. Jadi, keseluruhan benih yang bisa disimpan dalam tempat penyimpanan di bawah tanah ini adalah 2,25 milyar bibit. Setengah saja dari satu ruang penyimpan ini terisi maka akan memecahkan rekor koleksi benih terbesar di dunia. Sementara, ruang penyimpanannya ada 3.
Struktur Tempat Penyimpanan Benih Bawah Tanah

Semua benih di simpan dengan suhu -18 derajat celcius, guna memperlambat metabolisme benih, agar benih tetap bisa digunakan selama puluhan tahun.

Tempat ini memang menjadi populer karena adanya isu adanya "kiamat" tahun 2012, padahal tidak ada hubungannya sama sekali, baik hubungannya dengan kata "kiamat" maupun angka tahun "2012"

0 komentar:

Posting Komentar